Jumat, 12 Oktober 2012

PERMAINAN FISIKA "BOTTLE TAB"

PERMAINAN FISIKA
Materi : Tekanan
BOTTLE TAB

    Permainan fisika "Bottle Tab" merupakan permainan fisika yang berhubungan dengan pengaruh tekanan. Bottle Tab dalam bahasa Indonesia berarti botol tekan, dimana permainan ini memang menggunakan sebuah botol dan ditekan (heheheh).
    Permainan Fisika yang satu ini bisa juga digunakan sebagai alat sulap. Mengapa demikian?? Ini disebabkan keanehan yang dihasilkan dari permainan ini. Anehnya bagaimana?? (mbulet-bulet nich! >.<)
    Oke-oke saya akan menjelaskan! Bayangkan kamu memiliki sebuah botol yang berisi penuh air. Selanjutnya bayangkan juga kamu memiliki sebuah benda kecil yang didalamnya ada udara dan udara itu juga terisolir (udara tidak bisa keluar). Sudah?! Selanjutnya masukkan benda kecilmu tadi kedalam botol berisi penuh air lalu tutup botol tadi sampai benar-benar tertutup (air tidak bisa keluar). Oke, misal botol itu kamu tekan kuat dengan kedua tanganmu apa yang akan terjadi dengan benda kecilmu tadi?? Tetap di bagian atas botol atau turun ke dasar botol?? Tentulah benda kecil itu tetap di bagian atas botol. Benar g?! Coba saja! Hehehehehe
    Lalu dalam permainan fisika "bottle tab" ini sisi sulapnya di mana??? Heheheh sisi sulapnya ada di pergerakan benda kecil tadi. Dalam kondisi umum, benda kecil tersebut saat botol ditekan akan tetap di bagian atas botol. Namun, dalam permainan fisika "bottle tab" ini benda kecil itu justru bergerak ke bawah! Lho kok bisa, bohong ya (T.T)????


    Bisa saja, intinya hanya kita membuat lubang kecil di benda kecil kita. Untuk lebih jelasnya langsung saja kita praktekan ya! Dengan begitu nantinya kita akan paham bagaimana prinsip dasar dari permainan fisika ini. 
     Baik, sebelum kita membuat bottle tab, kita persiapkan terlebih dahulu alat-alat dan bahannya :

A.   Alat dan Bahan :


 B.   Cara membuat
  • Siapkan semua alat dan bahan,
  • Ambil sedotan yang besar (sedotan juice), atau kecil  juga tidak apa-apa, tapi jangan sedotan air mineral dalam gelas ya! heheheh
  • Bentuklah sedotan seperti pada gambar 2.
Gambar 2. Desain Sedotan
  • Selanjutnya siapkan botol  dan masukkan sedotan yang telah kita buat tadi ke dalam botol.
  • Isi botol dengan air secara penuh tanpa ada rongga udara dalam botol. caranya bisa dengan menenggelamkan botol kedalam ember yang berisi penuh air dan tutup rapat selama masih dalam air di ember.
  • Pastikan semua alat tersusun sempurna. seperti pada gambar 3.
  • Selanjutnya uji coba dengan menekan botol, jika sedotan saat ditekan bergerak ke bawah maka alat yang kita buat telah bekerja. Namun jika sedotan masih dalam posisi yang sama berarti ada yang mesti kita perbaiki.
gambar 3. bentuk jadi



    Catatan Penting :
    1. Lubang pada plastisin hanya pada 1 sisi saja.
    2. banyaknya plastisin berbeda di tiap sisi (perhatikan gambar 2)
    3. Jangan ada rongga udara dalam botol

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar