Senin, 08 Oktober 2012

BISNIS UNTUK PELAJAR / MAHASISWA (part. 1)

BISNIS RETAIL

Bisnis Retail atau bisnis eceran merupakan salah satu jenis bisnis yang mudah dilakukan dan tidak begitu menyita waktu. Bisnis retail di kalangan pelajar ataupun mahasiswa menjadi sesuatu yang biasa dan telah banyak yang menggelutinya. Bisnis retail ini banyak sekali jenisnya dan semuanya berhubungan dengan barang. Misal yang banyak ditemui retail pulsa, voucher internet, mengecer kertas folio, binder, jualan baju batik, sendal,dsb. Hanya dengan modal beberapa ratus ribu saja usaha ini bisa dijalankan.

Keunggulan dari bisnis ini adalah tidak makan waktu, tempat dan tidak menguras pikiran. Ambil saja contoh menjual pulsa, kalau ada yang beli pulsa tinggal transver, bayar dan selesai. Tidak perlu tempat jualan (counter), istilahnya kita bisa menjadi toko berjalan.

Meskipun bisnis retail ini mudah, tapi kita juga mesti paham kebutuhan pasar (dalam hal ini teman-teman), tingkat kebutuhan pasar dan peminatnya juga. Masih saya menggunakan contoh berjualan pulsa, di jaman sekarang kebutuhan akan pulsa meningkat dari waktu kewaktu. Handphone (HP) siapa yang tidak punya? Bahkan sekarang, satu orang saja bisa memiliki lebih dari satu HP., belum lagi kartu perdananya bisa lebih dari dua. Sebagus apapun HP tidak akan berfungsi maksimal tanpa adanya pulsa. Mulai dari hanya sekedar untuk telpon dan SMS, sampai pada pulsa untuk mengakses internet. Dari situ, saya menyimpulkan jualan pulsa merupakan salah satu bisnis retail yang sangat menjanjikan. Tentu saja dilihat dari peminat yang menjanjikan, pangsa pasar yang luas dan tingkat kebutuhan pasar yang tinggi.

Begitu mudahnya usaha retail ini dijalankan tentu saja ada kelemahan. Kelemahannya tidak lain karena mudah itu sendiri. Semakin mudah menggelutinya maka semakin banyak peminatnya. Dengan contoh yang sama, mungkin saudara lihat banyak sekali counter-counter yang menjamur di sekitar tempat tinggal saudara, bahkan ada tempat juga dimana counter-counter tersebut saling berdekatan dengan "rukun"nya. Apakah kita harus minder? Atau lebih baik tidak melakukan itu karena saking banyaknya peminat? Stop pemikiran itu! Banyakknya counter itu mencerminkan banyakknya peminat. Tinggal bagaimana mensiasatinyanya saja. Istilahnya "seperti kita memancing ikan di kolam, ikannya banyak dan pemancingnya juga banyak, tinggal umpan kita cocok atau tidak dengan ikan tersebut."

Teknik dagang, networking (jaringan-dalam hal ini pertemanan-), penetapan harga yang sesuai dan masih banyak lagi cara-cara untuk mensukseskan bisnis retail ini. Silakan gunakan kreasi yang ada dalam pikiran anda dan carilah langkah yang tepat. Dengan begitu setidaknya jika berhasil saudara dapat tambahan uang jajan, lebih-lebih bisa buat ongkos kuliah/sekolah sendiri.

Dan perlu diingat, jualan pulsa hanyalah salah satu contoh. Tidak menutup kemungkinan ada usaha yang lain yang juga menjanjikan keuntungan. Yang pasti, peka-lah terhadap kebutuhan pasar.

 Bisa juga kita membeli baju batik grosiran kemudian kita ecer, kita bisa memperoleh dua keuntungan yaitu potongan harga dari penjual dan keuntungan dari hasil jualan dan tentu masih banyak lagi usaha yang dapat dilakukan. Bagaimana menggiurkan bukan?!

<= Selamat mencoba =>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar