Selasa, 16 Agustus 2011

Mikrometer Sekrup dan Jangka Sorong

 A.   Mikrometer Sekrup
       
      


Gambar 1. Mikrometer Sekrup


     Mikrometer sekrup adalah alat yang digunakan untuk mengukur ketebalan suatu benda. Mikrometer pun dapat juga digunakan untuk mengukur diameter suatu benda. Namun, pada intinya mikrometer gunanya adalah untuk mengukur ketebalan. Ketelitian yang didapat dari menggunakan mikrometer sekrup ini adalah mencapai 0,01 mm.
     Mikrometer sekrup memiliki 2 bagian pokok yang sangat penting. Bagian tersebut adalah skala utama dan skala nonius (skala putar). Skala utama adalah adalah skala yang diam. Sedangkan skala putar adalah skala yang dalam penggunaannya harus diputar sesuai dengan namanya. Skala putar  (Skala Nonius) ini memegang peranan penting untuk menentukan keakuratan dalam menentukan ketebalan suatu benda yaitu mencapai 0,01 mm tadi. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :




 











Cara menggunakannya:
  1. Buka kunci
  2. Putar selongsong untuk membuka batang ulir.
  3. Kemudian letakkan benda yang akan diukur di antara
    landasan dan batang ulir. Ukuran maksimum benda tergantung mikrometer sekrup yang digunakan

  4. Tutup lagi batang ulir, kali ini dengan menggunakan roda gigi sampai berbunyi - agar tidak terlalu kencang (roda gigi memiliki mekanisme untuk berhenti memutar selongsong bila batang ulir mengenai benda) 
  5. Kunci lagi agar pembacaan tidak berubah.
Trik membacanya:
  • Pada selubung ada skala utama dengan satuan milimeter. Ada dua baris skala: yang bawah (yang ada tanda 0) menunjukkan kelipatan 1 mm (0, 1, 2 mm dst.) sedangkan yang di sisi atas menunjukkan kelipatan 0,5 mm lebihnya (0,5 mm, 1,5 mm, 2,5 mm dst.). Baca skala yang dapat terlihat pada selubung - pada contoh gambar di atas adalah 2,5 mm.
  • Baca skala pada selongsong. Tiap tanda skala pada selongsong setara dengan 0,01 mm. Pada selongsong ada angka 0 - 49 sehingga satu putaran penuh selongsong setara dengan pergeseran 0,5 mm. Pada contoh di atas terbaca 11 x 0,01 mm = 0,11 cm.
  • Jumlahkan skala selubung dan selongsong: 2,5 mm + 0,11 mm = 2,61 mm
  • Hati-hati membaca skala di perbatasan: dekat dengan kelipatan 0,5 atau 1 mm. Sering terjadi salah baca karena kurang teliti melihat skala pada selubung. (sumber : http://ray1312.multiply.com/journal/item/5).
****Simulasi :
Download versi Flash (klik di sini)
Download versi PDF (klik di sini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar