Selasa, 28 Agustus 2012

DOWNLOAD LAPORAN PRAKTIKUM E/M

Pada percobaan ini, bertujuan untuk menentukan elektron per massa pada elektron dengan membuat grafik antara medan magnet dan kuat arus listrik, serta antara potensial dan kuat arus listrik.

Prinsip dalam melakukan percobaan ini adalah jika suatu muatan elektron bergerak di dalam ruang yang berada di bawah pengaruh medan magnet atau medan listrik maka muatan tersebut akan mengalami gaya sehingga pergerakan elektron akan menyimpang. Adanya gejala fisis ini dipertimbangkan sebagai pergerakan muatan elektron didalam medan magnet maupun medan listrik persis seperti partikel yang dilemparkan horizontal didalam medan gravitasi bumi.


Sistem yang digunakan terdiri dari sebuah tabung katode dan kumparan yang berfungsi untuk menghasikan medan magnet. Kumparan ini disebut kumparan Helmholtz yang digunakan untuk menghilangkan medan – medan magnetik bumi dan untuk memberikan medan magnet yang konstan dalam ruang yang sempit dan terbatas.

Elektron yang dihasilkan oleh filamen (yang berlaku sebagai katoda), akibat proses termoelektron, akan dipercepat ke arah anoda yang mempunyai beda tegangan (V) terhadap katoda. Dari prinsip kekekalan energi, jika tidak ada usaha yang dikenakan pada elektron, maka elektron tersebut akan mempunyai energi kinetik akibat tegangan (V).

Electron yang bergerak dengan energy kinetic akibat dari tegangnan (V) akan melewati medan magnet yang didalamnya terjadi gaya magnet (B) sehingga electron akan mengalami gaya Lorentz. Medan magnet yang dihasilkan Helmholtz adalah medan magnet yang seragam, sehingga alektron yang bergerak dengan arah kecepatan tegak lurus akan medan magnet akan memiliki lintasan berbentuk lingkaran seperti prediksi Bohr. Hal ini akibat dari perubahan arah kecepatan electron tanpa merubah kelajuannya, yang disebabkan adanya gaya sentripetal.

Gaya sentripetal dan gaya Lorentz pada percobaan ini sama besar, sehingga dengan analisis perhitungan akan kita dapat besar dari (e/m) electron.

DOWNLOAD selengkapnya silakan klik saja :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar